19.1.16

perjalanan menuju Sarjana Hukum (Skripsi)

#latepost iya #latepost, jadi ini cerita tahun kemarin, awal sampe pertengahan tahun 2015. Suatu moment penuh perjuangan *asik* *lebay* *biarberasaberjuangnya*

Jadi udah memasuki semester akhir, setelah KKN (Kuliah Kerja Nyata) dan penjurusan kita harus melewati satu hal lagi yaitu skripsi..... btw skripsi di fakultas gue (hukum undip) ini hanya 2 sks saja teman-teman :) hehehehe iya dikit emang, tp sks kuliah kita cukup banyak, yaitu 148. Jadi kalo mau lulus minimal harus 150 sks!

Singkat cerita gue, udah punya judul permasalahan dan dosen pembimbing. Lalu dimulailah namanya bimbingan..... dikarenakan judul dan permasalahan gue ini terlalu rumit, dilihat dari nanti pengambilan data, penelitiannya sampe lokasinya (btw awalnya gue ngambil kasus di desa kkn gue di temanggung), jadi alhasil disuruh ganti judul dan permasalahan baru. Kata dosbing gue, cari aja permasalahan di sekitar tempat tinggal kita atau di semarang, biar penelitiannya gampang gitu. Akhirnya gue muter-muter nyari ‘masalah’ di sekitar semarang hahaha. Nemu tuh alhamdulillah, diujung kota semarang deket brown canyon (yg lagi hits disana karena mirip grand canyon ciyelah). Setelah diskusi sama dosbing, akhirnya beliau acc yaayyyy! (btw lagi, karena gue jurusan perdata-agraria, gue lebih minat untuk nulis skripsi yg empiris, jd sumber data utamanya langsung dari lapangan).

Laluuuuu, mulailah mengerjakan maceman yang berhubungan dengan skripsi. Jadi makin rajin ke perpustakaan, foto di hp isinya halaman-halaman buku semua, hobi bener nyari buku, jadwal tidur acak-acakan, harus pinter merangkai kalimat dan laptop isinya download-an artikel jurnal sampe skripsi orang. Belom lagi kalo nunggu dosen............. aduh bisa gelar tenda itu didepan ruang dosen, selain itu jadi hafal jadwal dosbing, jadwal ngajar, jadwal pulang kerumah, kadang sampe jadwal beliau makan, atau lagi ngobrol atau lagi nongkrong juga.

Nunggu dosen belom seberapa dibanding............... draft skripsi kita dicoret-coret hehehehehe. Itu rasanya semaleman sebelum besok ketemu dosbing, udah dirangkai pake kata-kata yang bagus, paragraf dibagus-bagusin, udah mikir keras apa yang mau ditulis..... pas ketemu di gambar-gambar. Yaudahlah...... disuruh betulin lagi........ dan belom lagi kalo... dosennya ga lagi ga mood hahahaa. Ini beneran, perasaan udah nulis bener seperti apa yg beliau suruh sebelumnya, tp tetep aja itu kertas digambar-gambar lagi... adoeh :’)

Proses membuat skripsi ini menurut gue suatu pelajaran yang bagus, apalagi buat gue sendiri hehehe. Jadi lebih belajar tentang kesabaran, ketelitian, kerja keras, jadi selalu punya target dan lain-lain yang positif deh. Terus pas skripsi kita jadi, itu pasti rasanya bangga banget. Ga nyangka ternyata bisa nulis kayak gitu, tp kalo dinget 2 sksnya lagi tetep sebel sih -.- tp gapapa deh jadi banyak pengalaman.

Ohiya proses pembuatan skripsi ini gue tempuh hampir 1 semester, yaa sekitar 5 apa 6 bulan gitu ya, emang udah deadline-in, harus kejar target hehe. Sebelumnya maunya itu april bisa wisuda, berarti terakhir sidang harus bulan maret. Tapi ga kekejar huhuhu, jadi mau gamau harus nargetin ulang dan gaboleh meleset lagi! Dan pas pembuatan skripsi ini, kesabaran gue cukup diuji oleh Yang Maha Kuasa. Seperti temen-temen deket gue udah pada sidang dan wisuda duluan dan sampe putus sama pacar *buat yang tau-tau aja hehe*. Adoeh lagi bener-bener butuh support eh ngedown..... tp harus cepet bangkit, percintaan boleh ambruk, tapi yang lain jangan sampe! Apalagi masalah kejar target kayak gini. Mau gamau harus tetep fokus, biar kata dikate hati nih remuk, otak harus tetep jernih. Ya alhamdulillah masih banyak temen dan keluarga yang support hehehe. Dan akhirnya setelah perjuangan yang melelahkan, gue sidang di akhir bulan mei 2015 kemaren cihuyyyyyy! 


DEADLINEEEE!!!

ACC cihuy~~

draft buat sidang

ps: sekarang kadang suka kangen skripsian dan nunggu mau bimbingan hehehe :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar